Rabu, 02 September 2015

BAnyak LIbur

Seulas Tentangnya



Tampaknya ini sudah terlihat dengan jelas, Bali, tahukan kalian tentangnya??
            Bali adalah salah satu pulau yang mempunyai ragam pariwisata menarik, budaya, makanan,
dan ciri khasnya, jika kalian pernah mengunjunginya, mungkin sedikit lebih tahu bahwa mayoritasnya adalah umat Hindu yang masih sangat kental dengan budayanya, salah satunya adalah upaca Ngaben,, apa itu??

Ngaben adalah salah satu budaya Bali yang sangat terkenal, kebanyakan orang mengenalnya dengan membakar tubuh orang yang sudah meninggal, padahal bukan hanya sekedar itu, Ngaben juga sebagai bentuk upacara- upacara lain

Ngaben Sawa Wedana[sunting | sunting sumber]

Sawa Wedana adalah upacara ngaben dengan melibatkan jenazah yang masih utuh (tanpa dikubur terlebih dahulu) . Biasanya upacara ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3-7 hari terhitung dari hari meninggalnya.

Ngaben Asti Wedana[sunting | sunting sumber]

Asti Wedana adalah upacara ngaben yang melibatkan kerangka jenazah yang telah pernah dikubur. Upacara ini disertai dengan upacara ngagah, yaitu upacara menggali kembali kuburan dari orang yang bersangkutan untuk kemudian mengupacarai tulang belulang yang tersisa.

Swasta[sunting | sunting sumber]

Swasta adalah upacara ngaben tanpa memperlibatkan jenazah maupun kerangka mayat, hal ini biasanya dilakukan karena beberapa hal, seperti : meninggal di luar negeri atau tempat jauh, jenazah tidak ditemukan, dll. Pada upacara ini jenazah biasanya disimbolkan dengan kayu cendana (pengawak) yang dilukis dan diisi aksara magis sebagai badan kasar dari atma orang yang bersangkutan.orang tersebut.

Ngelungah[sunting | sunting sumber]

Ngelungah adalah upacara untuk anak yang belum tanggal gigi.

Warak Kruron[sunting | sunting sumber]

Warak Kruron adalah upacara untuk bayi yang keguguran.
selain ngaben, ada nyepi, dimana semua umat hindunya di istilahkan sedang berpuasa selama satu hari penuh dengan merenungi semua kesalahannya selama satu tahun, maka dari itu butuh hawa yang sepi dan tenang, umat selain hindu pun di anjurkan untuk menghormati dengan ikut nyepi, seperti mematikan lampu di malam hari,  ini dilaksanakan setiap setahun sekali yakni pada tahun baru saka.

Selain budaya ada makanan khasnya, jarang bahkan mungkin tidak ada di daerah lain, mau tahu
nah,, inilah makanan khasnya,,

Makanan Khas Bali Yang Terkenal

Berikut 10 makanan khas Bali yang terkenal yang perlu diketahui.
1. Ayam/Bebek Betutu
Betutu merupakan makanan khas Bali yang paling terkenal dan terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang semua usus (organ dalam) dikeluarkan. Perut ayam kosong kemudian diisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. 
      2. Serombotan
Makanan khas Bali ini merupakan menjadi makanan khas dari Kabupaten Klungkung Bali sehingga kabupaten klungkung dijuluki sebagai Bumi Serombotan. Serombotan terbuat dari sayur buah botor muda atau paku, toge, kobis yang dimasak setengah matang. kemudian diberi bumbu disebut kalas yang terdiri dari santan yang diberi tumbukan kunyit, lengkuas, bawang merah dan bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur.

3. Babi Guling (Be Guling)
Be Guling merupakan kuliner Bali yang terbuat dari anak babi betina atau jantan yang ususnya dikeluarkan kemudian diisi dengan bumbu dan sayuran seperti daun ketela pohon dan lalu dipanggang sambil diputar-putar (diguling-gulingkan) sampai matang dengan ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi kecoklatan dan renyah.
4. Lawar
Lawar merupakan makanan khas bali berupa campuran sayur-sayuran, kelapa parut dan daging cincang yang dibumbui. Makanan ini lazim disajikan secara bersama-sama (magibung).
5. Nasi Jinggo
Nasi jinggo adalah makanan khas bali yang siap saji dengan dikemasan dari daun pisang dengan porsi kecil. Selain dijual di jalan, kini nasi jinggo menjadi sajian alternatif untuk berbagai upacara religius seperti ngaben, perayaan ulang tahun, dan rapat.
6. Timbungan
Timbungan merupakan suatu proses mengawetkan makanan agar tidak cepat basi, dengan memasukkan makanan ke dalam bumbung atau bambu yang telah dipotong kecil-kecil, biasanya seukuran satu ruas bambu. Dalam prosesnya makanan yang sudah dimasukkan tadi harus ditaruh di dekat perapian, biasanya dilakukan pada saat memasak pada pagi, siang dan sore hari.
7. Urutan
Pernahkah Anda makan sosis? Bali juga memiliki sosis khas Bali yang namanya Urutan. Urutan merupakan makanan khas Bali yang terbuat dari usus babi. Usus Babi tersebut dimasukan daging babi yang sudah diberikan bumbu lengkap ala Bali, lalu digoreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Akan tetapi ada juga urutan tersebut dijemur atau diasapi sehingga menjadi berwarna kecoklatan dan awet. Urutan ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan dan rasanya pun tetap enak.
8. Tum
Makanan khas Bali ini terbuat dari daging ayam, itik, bebek, kuwir, penyu, babi atau ikan laut. Daging yang sudah dibumbui dibungkus dengan daun pisang sehingga aroma dari makanan ini menjadi lebih harum dan lembut.
9. Komoh
Komoh merupakan salah satu makanan khas bali yang berbentuk cairan yang dibuat dari daging (daging babi, daging ayam, daging itik, daging penyu dan lain – lainnya), kulit, hati dan bumbu. Komoh disajikan dalam mangkok kecil dan cara mengkonsumsinya adalah bisa langsung mangkok yang berisi komoh didekatkan ke mulut dengan tangan kemudian komoh tersebut di minum dan bisa juga dengan menggunakan sendok makan.
10. Jukut Ares
Jukut Ares merupakan makanan khas Bali yang berbentuk kuah dengan bahan dasar pohon pisang yang masih muda yang kira-kira besarnya selengan orang dewasa yang diiris-iris tipis. Untuk membuat makanan khas Bali ini, bumbunya menggunakan bumbu lengkap Bali alias Base Gede, sedangkan untuk daging campurannya bisa menggunakan berbagai macam daging. Bisa daging ayam, mentok (paling enak), bisa juga menggunakan daging Babi.
Habis jalan dari budaya sama makanan, jalan ke ciri khas sekarang
Tarian
Kecak (pelafalan: /'ke.tʃak/, secara kasar "KEH-chahk", pengejaan alternatif: KetjakKetjack), adalah pertunjukan tarian seni khasBali yang lebih utama menceritakan mengenai Ramayana dan dimainkan terutama oleh laki-laki. Tarian ini dipertunjukkan oleh banyak (puluhan atau lebih) penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dan dengan irama tertentu menyerukan "cak" dan mengangkat kedua lengan, menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Namun, Kecak berasal dari ritual sanghyang, yaitu tradisi tarian yang penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar[1], melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat.
Para penari yang duduk melingkar tersebut mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka. Selain para penari itu, ada pula para penari lain yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana seperti Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman, danSugriwa.[butuh rujukan]
Lagu tari Kecak diambil dari ritual tarian sanghyang. Selain itu, tidak digunakan alat musik. Hanya digunakan kincringan yang dikenakan pada kaki penari yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana.[butuh rujukan]
Sekitar tahun 1930-an Wayan Limbak bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies menciptakan tari Kecak berdasarkan tradisi Sanghyang dan bagian-bagian kisah Ramayana. Wayan Limbak memopulerkan tari ini saat berkeliling dunia bersama rombongan penari Bali-nya.[butuh rujukan]

Produk

Jogja boleh bangga dengan Dagadu, tapi Bali punya Joger, pabrik kata-kata garing yang berbonus kaos, mug, stiker, atau merchandise lain. Dalam menyusun kata-kata yang membuat kita tersenyum simpul, Joger memang jagonya. Walau terkadang terkesan garing.
Sebelum masuk pintu, anda akan disambut tulisan-tulisan garing seperti "Ini tembok Joger, bukan tembok Berlin". Ketika masuk, makin banyak kata-kata garing yang anda temui. Lihat saja di beberapa merchandise kecil, Joger menulis "Milik pabrik kata-kata Joger, Kuta, Balinesia yang tak terpisahkan dari Indonesia.





Pemandangan


Tanah Lot adalah sebuah objek wisata di BaliIndonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam.


Pantai Pandawa, salah satu pantai pasir putih di Bali yang wajib dikunjungi. Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung dan lebih terkenal dikalangan wisatawan mancanegara khususnya Australia dengan nama secret beach. Sedangkan masyarakat lokal lebih mengenal dengan nama pantai Kutuh.
Bedugul terletak di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan Bali. Jaraknya sekitar 62,6 km atau sekitar 1 jam 14 menit dari Bandara International Ngurah Rai dan 40 km dari Kota Singaraja lewat perjalanan darat. Tempat wisata di Bali ini menawarkan, keindahan pemandangan alam daerah pegunungan dan danau. Terletak pada ketinggian 1.240 meter dari permukaan laut, dengan temperatur rata-rata 18 Celcius pada malam hari dan 24 Celcius pada siang hari. Tempatnya yang tinggi membuat obyek wisata ini selalu berhawa dingin dan berkabut.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar